CHAKRA

“Chakra” berasal dari bahasa Sanskerta “roda” atau “lingkaran”. Dalam Hinduisme dan Budhisme, chakra/cakra adalah pusat energi di dalam tubuh yang non fisiologis, berada disepanjang tulang belakang. Secara traditional setiap cakra disamakan dengan bunga lotus yang mempunyai banyak daun bunga. Bila anda punya kemampuan melihat dengan mata bathin dapat melihatnya.

Ada tujuh cakra utama/cakra mayor:

-Cakra Mooladhara/cakra dasar/Basic chakra terdiri dari 4 kelopak bungaberwarna merah kemilauan, terdapat pada dasar tulang ekor. Cakra ini merupakan inti dari inti awal pengbangkitan cakra lainnya. Hal ini dikarenakan energi Kundalini hanya bersemayam didalamnya.

-Cakra svadhistana/cakra sex, terdiri dari 6 kelopak bunga berwarnaoranye. Terletak pada alat vital manusia. Cakra ini merupakan pusat pengendali hawa nafsu (seksualitas) manusia. Memiliki peranan pentingsebagai pengendali urin yang diedarkan dari ginjal dan menyeimbangkankadar urin terhadap racun-racun seperti kreatin dan urium. Cakra inijuga menyeimbangkan hormon ovum dan sperma, juga insulin dan adrenalin.

-Cakra manipura/cakra pusar/Navel Chakra terdiri dari 10 kelopak bunga berwarna hijau. Terletak pada pusar manusia (solar plexus). Cakra inimerupakan inti kekuatan daya tahan tubuh manusia yang terbesar. Cakra ini mengkoordinasi seluruh kegiatan sistim saluran pencernaan manusia.

-Cakra Anahata/Cakra Jantung/Heart Chakra, terdiri dari 12 helaikelopak bunga berwarna hijau jamrud. Terdapat pada jantung manusia. Cakra ini merupakan penggerak dan penyeimbang detak jantung manusia dan menggerakkan darah yang masuk dan keluar. Cakra Anahatta jugamengendalikan pembuluh-pembuluh darah pada jantung dan seluruh tubuh.

-Cakra Visudhi/Tenggorokan/Throat Chakra/Rushuddah, terdiri dari 16 helai kelopak bunga berwarna biru. Merupakan pengendali keseimbanganenergi diantara organ saluran pernafasan, berpengaruh penting pada proses pembersihan/detoksifikasi udara yang kita hirup.

-Cakra Ajna/Cakra Mata Ketiga, terdiri dari 96 helai kelopak bungaberwarna biru keunguan. Terletak ditengah-tengah alis mata kanan dankiri. Cakra Ajna dapat terus diaktifkan dengan tujuan aktifitasspiritual yang aplikatif, semisal melihat chakra, energi, makluk spirit/roh dsb. Mengendalikan kemampuan melihat yang non fisik. Cakra Ajna memiliki dua bagian, antara depan dan belakang. Bagian depan menguasai otak besar, sedangkan bagian belakang menguasai otak belakang.

-Cakra Sahasrara/cakra Mahkota/Crown chakra terdiri dari 960 helai kelopak bunga berwarna. Fungsinya sebagai pernyataan besarnya  spiritualitas seseorang. Terletak pada ubun-ubun kepala. Cakra ini merupakan tempat energi Kundalini bersemayam setelah dibangkitkan.

Seiring perjalanan waktu Kundalini dapat turun lagi ke cakra Mooladharakarena disebabkan oleh perilaku negatif. Kundalini sendiri berasal dari kata Sansikerta artinya “menggulung”. Kata ini berasal dari visualisasi energi besar yang belum terbangkitkan atau tidur.

Cakra Sahasrara merupakan gerbang Spiritual pada diri manusia. Penghubung antara Alam Spiritual Mikro (manusia) dengan Alam Spiritual Makro/Astral. Jalur yang menghubungkan ini dinamakan Anthakarana. Jalur ini bermula dari Anahatta sampai Sahasrara / inner body chakras danberlanjut sampai dengan cakra Outer Body yang ke 6666 / Alam Semesta.

Chakra - Kundalini - Subtle System - Kundalini Yoga Indonesia

About KYI

Layanan meditasi, seni spiritual, penyembuhan dengan energi dan hipnoterapi
Bookmark the permalink.

2 Responses to CHAKRA

  1. Chriet Sumarta says:

    Artikel yang sangat menarik, saya tertarik untuk mempelajari lebih lebih lanjut

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *